All About Anime, Template, And Tricks

Cara Membuat WPAP untuk pemula

WPAP merupakan singkatan dari Wedha’s Pop Art Potrait adalah gaya seni pop art yang dipopulerkan oleh Wedha Abdul Rasyid yang sekaligus pembuat aliran ini. WPAP dahulu bernama FMB ( Foto Marak Berkotak ). Secara teknik, WPAP mempunyai ciri khas tertentu dalam penggambaran objek, dimana dalam WPAP anda akan menemukan bidang berkotak-kotak dan penuh dengan warna-warni antar bidang tanpa menghilangkan karakter objek atau model yang digambar.

 1. Faceting
Faceting sendiri adalah proses membuat bidang-bidang yang akan di beri warna dalam WPAP. Dalam Faceting, tool yang biasa saya gunakan (Aplikasi Coreldraw) adalah 2 Point Line dan Bezier Tool. Terkadang juga pakai Rectangle hehe.. 


Nah, ada aturan dasar dalam tehnik faceting.

Facet TEGAS dan LURUS 
Selain tegas dan lurus upayakan dalam faceting kemiringan garis/line terarah 15 derajat, 30 derajat, 45 derajat dst. caranya yang lazim digunakan adalah dengan kliknode pertama > CTRL > Klik (lihat gambar). Dengan tehnik ini garis yang tercipta kemiringannya akan otomatis kelipatan 15 derajat.

Anti Curva (lengkung) 
Terkadang saat kita sudah memainkan garis tegas lurus karena node-nya terlalu rapat saat di zoom out akan terlihat seperti objek lengkung. Untuk menghindarinya adalah dengan mengurangi titik-titik nodes misal dari 5 titik menjadi 3 titik, dst.

Sumber foto : Belajar WPAP Yuk on Facebook

Hadirkan bidang Horizontal dan Vertikal
Dikutip dari Wedha sendiri, "Sejauh dimungkinkan saya akan membuat bidang-bidang hasil tracing tadi berdiri tegak ( vertikal) dan berbaring ( horizontal)." Tentu saja penempatan garis horisontal dan vertikal tadi jangan sampai memaksakan diri dan merusak kemiripan. Karena kemiripan adalah tujuan utama dari WPAP.


Oke. Sebagai bahan praktek, silakan pilih salah satu gambar WPAP yang banyak bertebarab di internet, tracing ulang bidang-bidang nya. Dengan begitu kamu akan terbiasa menggunakan teknik yang di pakai oleh WPAP'ers tersebut, baik penggunaan Click > Ctrl > Click, derajat kemiringan maupun horizontal verticalnya. WAJIB untuk mengunakan tehnik Click > Ctrl > Click saat tracing, Setelah faceting selesai kamu bisa melangkah ke tehnik pewarnaan. Baca Cara Mudah Mewarnai WPAP.

2. Pewarnaan
untuk pewarnaan cukup simple, mode gambarnya diganti dulu menjadi Grayscale, lalu naikan Brightness dan contrast nya sekitar 60 an. lalu Bidang warna yg gelap, diberi warna gelap seperti Ungu, hijau tua, biru dongker, DLL, Jika bidang warna yg Terang, bisa diberi warna terang, seperti KUNING, MERAH MUDA, PUTIH, BIRU AWAN, DLL / bisa di cari di google :v .

Oke Sekian Tips dan Trik pembuatan WPAP lumayan dari saya :v Terima kasih 
xx see you xx

:))

Hasil Karya WPAP saya :



Penulis: Riyan TP

Artikel Cara Membuat WPAP untuk pemula , diterbitkan oleh Riyan TP pada hari Sabtu, 07 Maret 2015. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Riyan TP adalah Seorang Manusia yang selalu ingin menjadi lebih baik ,Karena Bila Anda berpikir Anda bisa,maka Anda benar. Bila Anda berpikir Anda tidak bisa, Anda pun benar… karena itu ketika seseorang berpikir tidak bisa, maka sesungguhnya dia telah membuang kesempatan untuk menjadi bisa

Posting Komentar - Back to Content

 
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Gunakan Google Chrome Atau Mozila Fire Fox Terbaru Untuk Melihat Tampilan Sempurna Blog Ini